Pertanyaan Cybercryme

Ada wartawan nyasar tanya ke saya melalui email tentang cybercrime, gak tau tuh dapet info diri saya darimana :)), tapi menarik juga pertanyaannya yang ditujukan ke saya.

Sepertinya sang wartawan tertarik menuliskan cybercrime melihat dari kasus tertangkapnya dua orang Mahasiswa di Semarang yang melakukan carding.

Ini dia pertanyaannya:

  1. Bagaimana perkembangan terakhir cybercrime di Indonesia menurut Anda?
  2. Modus-modus operandi cybercrime apa saja yang baru dan apa saja yang masih terus berlangsung?
  3. Apa saja kerugian yang dihadapi dan berapa besar nilainya?
  4. Apa saja bentuk praktek bisnis dunia berbasis internet yang terancam tidak bisa diikuti Indonesia karena tingkat cybercrime di Indonesia tergolong tinggi? Mohon dijabarkan baik untuk sisi konsumen maupun untuk sisi korporasi?
  5. Menurut Anda apakah tingginya tingkat cybercrime di Indonesia bisa menurun dan apa saja solusi terbaiknya?


Bagi saya pertanyaannya berat banget disaat saya lagi sibuk sama kerjaan :)), jadi gak sempet mikir panjang untuk jawabannya. =)).
Bagi saya, sepertinya jawaban saya yang paling logis itu ada di pertanyaan nomor 5 dengan jawaban kurang lebih seperti ini :

Cybercrime akan semakin sebanding dengan keamanan yang diterapkan. Semakin tinggi tingkat keamanan, semakin tinggi orang lain mencoba menerobos sistem tersebut. Ini hukum cyber versi saya :)), tapi pada kenyataannya memang seperti itu, sama hal sepertinya virus dan anti virus, versi anti virus terbaru pasti akan selalu dibarengi dengan virus terbaru.

Jadi menurut pandangan saya, cybercrime tidak akan pernah menurun (karena yang namanya penjahat/kriminal itu ada dimana-mana dan tidak bisa dilarang), namun dengan menerapkan keamanan dan sistem yang bagus, maka cybercrime ini akan menurun dengan sendirinya.

Solusi konkrit: ya mau gak mau harus mengamankan servernya masing-masing dung dan tentu saja pelatihan ataupun mengikuti informasi terus tentang keamanan komputer. Jadi pera sang administrator untuk memantau dan mengawasi serpernya menjadi sangat vital.

BTW, kalo melihat tulisan tentang cybercrime yang tertulis di wikipedia sepertinya cybercrime itu tidak selamanya identik dengan carding kok šŸ˜‰

61 thoughts on “Pertanyaan Cybercryme

  1. YANG MAU GABUNG SAMA INDO HECKER COMMUNITY …OK-OK AJA. DENGAN CATATAN:
    1.ILMU2X CUMABUAT ISENG2 DOANG
    2.NO CYBERCRIME

    YANG GAK SE7 KE LAUT AJA

    BY:IHC
    “HECKER JANGAN SONGONG”

  2. bedanyaa kejahatan di dunia maya ma dii duniaa nyataaa:

    kalo di duniaa maya orang pengin banget belajar jahat kaya hecker pengintauu prifasii orang laiin
    tappii kaloo penjahat di duniaa nyata pada mikir duaa kalii hehhe

  3. Gue Pengen nanya ni kak…….
    Gimana Caranya jadi hacker sih kak……..n program apa saja yang harus di pelajari……….
    tolong bantu saya ya kakak……………..
    soalnya ini cita-cita saya dari kecil kak………..

  4. are u hacker??
    iā€™m serious..bisa ngeheck situs universitas dan rubah nilai ga?? or bobolin soal ujian gw,gw berani bayar mahal!! email:jok_jok30@yahoo.com

  5. Bang aq nk pengen jd ck abang ne, cm aq ne pengen yg mdah be, jangan nk saro nian gek tendang palak kau men ngrusak pnnyo aq. Pagas donti niku. Kampang nikuna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam