Membangun Aplikasi GIS dengan MapWindow

ESRI adalah salah satu perusahaan besar di dunia yang bergerak dalam bidang GIS. Sudah banyak aplikasi GIS yang dihasilkan oleh ESRI mulai dari ArcInfo, ArcView, ArcIMS dan juga ArcGIS yang merupakan kompilasi dari berbagai aplikasi GIS yang dibangun oleh ESRI.

Dari sekian banyak teman saya yang bergelut di bidang GIS, hampir semuanya mengakui bahwa ESRI dengan salah satu produknya yang bernama ArcView memberikan keleluasaan bagi para engineer ataupun programmer untuk bekerja. Untuk para engineer, ArcView memberikan kemudahan dalam pengolahan dan juga analisis peta. Sedangkan untuk programmer GIS tersedia Script Avenue untuk mengembangkan extension (sejenis plugin untuk ArcView).

Hampir kebanyakan pengguna aplikasi ArcView tidak menyadari bahwa format vector yang dihasilkan melalui aplikasi ArcView sebenarnya adalah format proprietary open specification. Format yang dihasilkan adalah The ESRI Shape Files (SHP) dimana ini merupakan format vector yang dikeluarkan oleh ESRI. Format ini terdiri dari tiga ekstension file yaitu :

* Main file: *.shp
* Index file: *.shx
* DBase file: *.dbf

Ada beberapa project komersial ataupun open source yang tengah dikembangkan agar bisa membuka dan mengolah vector dalam format ekstension SHP, bahkan ESRI mengeluarkan satu produk tersendiri yang mereka sebut dengan nama MapObjects. Mapobjects adalah seperangkat komponen pemrograman yang dibuat oleh ESRI bagi para developer GIS. Dengan menggunakan MapObjects maka kita dapat membuat sebuah aplikasi GIS yang berdiri sendiri tanpa harus ada ketergantungan aplikasi GIS lainnya.

Semua project GIS yang pernah saya kerjakan semuanya menggunakan MapObjects untuk membuka ektension SHP. Untuk mendapatkan MapObjects ini kita harus merogoh kocek kurang lebih 60 juta rupiah. Sebuah angka yang mahal menurut saya, untung saja project yang saya kerjakan selama ini ditalangi oleh kantor, jadi ya kantor saya yang harus membelinya dong :-D.

Nah, kemarin ini saya mendapatkan sebuah link dari rekan untuk aplikasi GIS. Aplikasi ini bernama MapWindow. Sekilas saya baca ternyata MapWindow ini merupakan project open source dalam bidang GIS. Ada tiga komponen penting yang tengah dikembangkan oleh MapWindow yaitu :

* MapWindow GIS 4.0 Open Source Software
* MapWinGIS ActiveX Control
* MapWinGIS.NET

Wow. Inilah yang saya cari selama ini. Sebuah aplikasi GIS yang open source, mampu membuka shp dan memiliki fitur tambahan untuk pengembangan plugin. Seperti tertulis dalam official site-nya sebagai berikut :

What makes this GIS tool different than the others?
MapWindow is free to use and redistribute to your clients and other end users.

Unlike other free tools, MapWindow is more than just a data viewer, it is an extensible geographic information system. This means that you can write plug-ins to add additional functionality (models, special viewers, hot-link handlers, data editors, etc.) and pass these along to any number of your clients and end users.

MapWindow includes standard GIS data visualization features as well as DBF attribute table editing, shapefile editing, and grid importing and conversion.

MapWinGIS ActiveX includes a GIS API for shapefile and grid data with many built in GIS functions.

MapWinGIS ActiveX can be redistributed royalty-free. No fee is required, although we happily accept donations to help support this effort. See Why MapWindow

Setelah membaca fitur-fitur yang tersedia, rasanya MapWindow sudah mampu menggantikan keberadaan MapObjects dalam membuat sebuah aplikasi GIS. MapObjects dapat digantikan oleh MapWinGIS ActiveX atau MapWinGIS.NET. Di lain sisi, kehadiran MapWindow GIS 4.0 sepertinya pada suatu saat nanti akan mampu mengungguli ArcView, sebab MapWindow GIS 4.0 juga menyediakan fasilitas scripting seperti halnya Script Avenue. Fasilitas scripting dalam aplikasi GIS adalah suatu hal yang luar biasa, sebab dengan fasilitas ini akan memudahkan bagi para developer ataupun pengguna untuk membuat sebuah plugin/ekstension tambahan untuk mempermudah kerja mereka.

Wah, kalau ada project aplikasi GIS sepertinya saya akan meninggalkan MapObjects dan akan mencoba MapWindow ini.

178 thoughts on “Membangun Aplikasi GIS dengan MapWindow

  1. #50: loh, saya bisa tuh ngedit dbf-nya arcview pake dao punya vb dan masih bisa ngelink dengan shp ataupun shx. tentunya harus pake trik 🙂 untuk mapwindow saya belum coba apa punya fasilitas edit atribut.

  2. saya mahasiswa jurusan Geofisika yang mo bwt proposal tuk Skripsi dgn aplikasi GIS.Mohon kasi saran tuk objek penelitian saya

  3. saya mahasiswa dari Stttelkom bandung, sekarang ini saya juga ingin memgembangkan diri saya dibidang GIS. kebetulan saya diterima sebagai asisten lab yang bergelut dibidang GIS. artikel anda sedikit banyak memberikan masukan pengetahuan mengenai GIS. sekarang ini yang baru kami kembangkan adalah dengan menggunakan map info saja. jika ada sebuah forum mengenai gis saya ingin tau. kalau anda tau tolong beritahu saya.
    terimakasih

  4. Asl.Saya mhs UIN,skr lg PKL. saya sangat butuuuuh bnget bantuan mas dudi,saya diminta untuk membuat theme berupa NLP (NIlai lembar peta) di arcview, melalui script avenue, yang diketahui titik koordinat lintang(kiri atas,kanan atas, kiri bawah kanan bawah) dan bujur(Sda). tapi ditempat PKL saya tdk ada yg menguasai avenue.Mohon bantuannya untuk mengirimkan contoh script yang mirip dg kasus diatas.Sekali saya mohon bantuannya sesegera mungkin,karena tugas ini sangat penting dan mendesak.Terima kasih sblumnya.Wsl…..

  5. saya mahasiswa UNY semester akhir yang sedang mengerjakan TA. saya mau minta bantuan mas dudi, minta penjelasan lebih dalam tentang apa yang dimaksud extension CadReader dalam ArcView. saya tunggu balasanya…

    terima kasih……

  6. maZ Dudy apa aza yang harus di kuasai tuk jadi seorang profesional di bidang GIS, saya assisten engginer di Project Merapi tp basicnya ga nyambong sama bidang krja,thx

  7. Mas aku rizki dari malang.
    Aku membuat skripsi tentang implementasi SIG di internet..dah slesai dan lulus ..tapi dosenku minta revisi yaitu ditambahkan link ke gambar atau video pada lokasi peta….aku bingung kan petaku bereferensi langsung sama database..file petaku SHP dan databasenya dbf..gimana caranya ya?!!emang bisa gitu
    tolongin aku ya..aku pake MS4W sebagai mapservernya.

  8. #59: rizki, menarik tuh skripsinya :). Prinsipnya kan sederhana tuh. Masukin aja path direktorinya beserta nama filenya ke dalam database, sedangkan file video/gambar melalui proses upload. Jadi pada waktu salah satu koordinat diklik, akan manggil nama video/gambar sesuai dengan path direktori ybs 😉

  9. Wah… rame banget pengunjung blognya mas.. sukses deh..!
    BTW aku mo tanya Gis keluaran ESRI memang lebih dulu berada dipasaran, Tapi belakangan ini Autodesk sepertinya juga mengeluarkan beberapa aplikasi yang komplementer dengan GIS, seperti autodeskMap dan autacad Civil.
    Apakah produk auto cad juga sudah banyak dilirik mas? dan bagaimana kualitas masing-masing aplikasi tersebut?

  10. #62: ya autodesk memang sudah mengeluarkan aplikasi untuk GIS, tapi sepertinya masih jauh untuk mengungguli esri, khususnya dalam hal extension :).

    tapi, biasanya para developer juga ikutan pake autocad untuk digitasi, nanti untuk input atribut baru pake arcview 🙂

  11. Salam Kenal,
    Mas Dudi saya skrg lg skripsi, bingung cari Judul Skripsi, bahan2 apa saja yg dipersiapkan?

    1) maksud saya software apa saja yg harus ada / siap?
    2) trus data2 apa saja yg diperlukan?
    saya tertarik ama GIS, tapi saya baru pemula blum ngerti. Klo boleh minta bantuannya, Mas Dudi bantu saya.
    Saya skrg ini Kul di STTS (Sekolah Tinggi Teknik Surabaya) Jurusan S1-Teknik Informatika.
    Balas di E-mail saya. sttsby@yahoo.com

    Terima Kasih……
    saya tunggu balasan dari Mas Dudi

  12. allow mas dud, saya baru dpt kul GIS nih. dosen saya bilang, tar ada projectnya nah softwarenya ada 2 arc view atau map info. yang mau saya tanyakan apa sih kelemahan dan kelebihan dari 2 software tersebut nah klo pemula lebih baik dianjurkan belajar yang mana dulu?

    terima kasih
    balas ya mas, soalnya tar projectnya aq terusin ke skripsiq.

  13. Mas Dudi yang baek..

    Kalo pake MapObject kan ada MapTip tuh..
    di MapWindow gimana mas…
    Ada contohnya nggak…
    Makasih

    Joe

  14. Salam Kenal Mas Dudi,its seem so runyam..bisa minta contoh script yang bisa bwt gabungin script avenue dengan program gui (VB,Delphi,JBuilder) kalo bisa dengan contoh aplikasi nya plizzzz….Thanksfull….

  15. #67: saya belum explorer sampe sejauh itu, coba aja di download manualnya terus diliat sendiri apakah udah ada build-in function untuk manggil MapTip 🙂

    68: coba jalan-jalan ke esri.com deh, cari di bagian kumpulan script. udah ada kok yang bikin scriptnya 🙂

  16. mas dudi, saya sedang menyelesaikan ta dengan materi yang berkaitan dengan gis memakai sotware gis yang gratisan , saya sudah download mapwindows-nya, tapi saya harus mendownload .net framework-nya
    saya pakai os wind xp sp 2, PIV, Hp.
    dimana ya mendapatkan .net framework???,sebab saya gagal terus mendownload dari microsoft.,

    apakah ada selain mapwindows yang free??? khusus untuk pengolahan data vectoris??
    tks

  17. tolong dong siapa aja yang ada panduan membuat web gis….atau mungkin referensi yang bisa saya baca…bisa kirimkan ke e-mail saya saja..trimakasih sebelumnya…dari perkumpulan mahasiswa GIS UNSYIAH-Banda Aceh

  18. Salam kenal Mas Dudi…
    saya ada sedikit pertanyaan, saya ingin mengadakan suatu penelitian tentang masalah Distribusi minyak tanah yang dalam beberapa waktu ini agak bermasalah.. . yang ingin saya tanyakan ialah kira-kira analisis spatial yang bisa saya lakukan apa saja ya?
    Yang ada dalam pikiran saya adalah melakukan suatu korelasi antara variabel pendapatan pada suatu wilayah dengan kebutuhan terhadap minyak tanah tersebut. Tapi menurut saya ini masih terlalu sederhana, untuk itu bolehkan saya minta pendapat, saran dan masukan dari Mas Dudi…

    atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih….

    Best Regard,

    neep_08@yahoo.com

  19. salam knal jg…
    baru ktemu.. maklum klo udah disbukin ma tugas, baru jalan2..
    bisa bantuain k ga’ ?stalah jalan2 rupax aku tertarikk jga ma GIS, sy sngat pemula skli dan baru tahu gis, sy pngin TAq pake gis, angcng2nya pemetaan pd kecmatan, yg didalamx meliputi,rute jalan, potensi alam, kependudukan, tempt2 penting. gmana cara memulai? n progrm apa yang cocok baik ampliksix ato serverx?klo bisa yg gratisn trus tuk dapat tutorialx dmn?.. mklumlah serba terbatas.. thanks yaa

  20. salm mas..
    aku ni baru belajar yang namanya GIS tetapi belum paham benar dengan istilah2 yang ada di dalam pemetaan itu sendiri, dimina saya bisa jumpai istilah2 tersebut yang lengkapnya.

    …ohya tolong kalau ada filenya dikirim ke email saya aja…

    slm buat temen2 ku di unsyiah

  21. Saya juga mulai belajar tapi masih bingung ngawalinya,n tertarik juga dari salah satu komentar yg kita bisa belajar GIS di LAPAN gimana cari infonya ya?

  22. aku ada hasil digitasi peta dari mapinfo dengan .tab???saya ingin hasil digitasi tersebut saya buat web gis denga menggunkan mapserver, tolong dong caranya gimana soalnya kemarin saya coba buat file .map dan connectointype ogr tapi kok ga muncul ya???
    tolong kasih jalan keluarnya

  23. saya sekarang lagi belajar GIS tapi kayaknya bingung milih, menurut mas dud, mana yang lebih bagus Arcview dan kawan kawan dari ESRI atau MapInfo dan Kawan kawannya ?

  24. gw lagi mau bikin skripsi tentang gis nii mohon bantuan nya mas dud judul yang bagus apa ? pake program apa gw sii di kasih judul ama tmn suruh buat gis penitikan titik rawan kebakaran suruh pake mapinfo

  25. Salam kenal mas dud? Langsung aja dech, tanpa muluk2. Saya lg ada proyek, menggunakan bahasa program Visual Basic menggunakan map object. Permasalahannya, ada gak map object 2.0 yg full version yg bisa di download? klau ada tolong donk alamat yg bisa di download? atau mas dudi punyak boleh dong saya minta.

    saya pernah membuat aplikasi menggunakan MapWinGis. untuk preview sih ok, but untuk editing, source codenya saya gak bisa? bisa bantu gak? atau ada alamat yg bisa di pelajari.

    terima kasih. atas bantuannya GURU BESAR

  26. Wah rame juga niih blog . . .

    Pengen bisa kenalan lebih lanjut sama yang punya rumah nih, kalo boleh. Sapa tahu bisa share knowledge

    Regards,

    Dendi
    +62 817121803; dendi.k@gmail.com

    Menerima Project GIS berbasis :
    – MapInfo MapX, MapXtreme, MapX Mobile
    – Esri mapObject,ArcIMS
    – Intergraph Geomedia PRo & WebMap
    – MapServer WEb GIS
    – OpenSource .Net Web applications
    – etc

  27. Mas ded, kalo di ArcView itu khan ada fieldnya… lha aku maunya kalo kita klik di View trus membaca filed (salah satu field yang ada di theme) trus value dari field tersebut ku kirim menggunakan DDE ke delphi bagaimana cara mas??? Kalo ActiveX dari MapInfo bisa kasih solusi gak mas… Kirim via email ja yah… Thanks B4

  28. Halo mas…saya mau tanya…klo nampilin shp yg telah di convert ke mysql melalui php itu menggunakan perintah mysql_fetch_row() yang tipe datanya geometry sama blob gmn ya mas….

  29. Salam kenak untuk mas… Saya mau tanya..klo koneksiin ArcView ke Vb itu gemanayah…?Aq udah nyoba tapi masih gak’bisa pesan errornya “katanya ArcViewnya belum diaktifkan” padahal sudah aktif, kasih solusi dong… kalu contohnya boleh dong dibagi-bagi..

    Makasih sebelumnya Salam kenal untuk semuanya

  30. Aeee…Mas Dudi,lam kenal seblmx..aq mo nanya niy..aq baruuu aja bljr map info tp dah dpt proyek dr bozzq disrh bikin aplikasi integrated mapping pake delphi..dipnjemin buku sih tp aq bingung kok programx ga jln2 ya..!!padahal source code delphix dah sama persis..apa ada komponen lain yg hrz di+..??plizz..tlgin aq ya..!!

  31. Mas dudi
    di Lab saya saat ini yang namanya
    file-file dbf selalu diganggu
    ama virus, sehingga peta yang di kerjakan
    pakai arc view pada rusak

    gimana ya solusinya, makasi duluan

  32. salam….
    maff mau bertaya. (baru mengenal gis)
    1. kalo memebuat database mapinfo 8.0 gmn?
    2. gmn caraya mengkonversian (gabung) antara mapinfo dng mapbasic ?
    3. dan keterlibatan dng m.s.visual basic 6.0? gmn?

    4.kalo ada sampel data ya boleh minta ga?

    atas perhatianya saya ucapkan bayak terimaksih
    jama

  33. mas dudi keren blognya banyak penggemarnya. salut-salut kalo boleh tau jam terbang internetnya emang 1 hari bisa berapa jam mas dudi.
    BTW sekalian tanya website yg Mengoprek Script Avenue ada dmana yah.
    salam dari SEMArAng Cah JKT

  34. saya tertarik dengan pemetaan dan saya punya beberapa pertanyaan.
    1. bedanya arcview dan arcmap apa?
    2. keunggulan arcmap dibanding arcview apa?
    3. da gak buku panduan untuk arc map?

  35. Salam kenal mas
    Info yang diberikan sangat berguna
    bagi saya yang sedang belajar tentang GIS secara otodidak

    Saya juga sedang belajar menggunakan MapObject2.3 dan VB6, moga2 mas bersedia menularkan ilmu nya

    makasih tentang infonya

  36. permisi mas Dudi
    saya baru belajar tentang GIS, tapi saya masih bingung GIS itu apa? klo mas Dudi tidak berkebaratan sudilah menolong saya yang sedang kebingungan ini… pleeez?!?

  37. Hi Mas Dude,
    Sudah berhasil dengan project map windownya?
    Bagi dong pengalaman dan trik2..
    Saya berencana membangun front office berbasis web untuk tugas akhir saya.
    Kalo berkenan saya ucapkan terima kasih.
    Rencana web :
    – spasial
    – terdapat basis data (pake ms access — sing gampang)
    – mgkn pake asp

  38. salam kenal pak gurnadi,

    kami sedang belajar mengupload data ke map dengan software vb .net melalui program mapindo mapx.

    boleh tahu siapa yg bisa saya hubungi atau Bpk juga bisa?

    thanks
    tahan

  39. salam knal pa Gurnadi,,,

    terimakasih buat waktu na,, maaf ni saya mo nanya,,tentang arcview,,,
    1. arcview bisa gk di .exe kan??
    2. saya mo buat skripsi pake arcview,, tapi saya bingung gimana biar orang mudah menggunakannya,,(maksudnya user interface) kata orang bisa pake delphi ato visual basic?? itu gimana mas caranya???

    maklum saya baru belajar,, terimakasih,, mohon bantuannya,,,

  40. salam kenal mas Gurnadi
    mohon penjelasan, aku punya file daei arcview, dibaca di Mapwindows bisakah ? dan untuk menjadikan hasilnya bisa berdiri sendiri (artinya bisa jadi file *.exe) tujuanku pingin file dari arcview dapat digunakan untuk interaktif presentasi. sebelumnya terima kasih

  41. Salam Kenal Mas, saya minta info script Avenue untuk proses geoprocesing donk,, kl ada krm ke email sya ya..
    Thanks……

  42. Salam kenal!!

    mas saya mau tanya, saya punya peta digital jabodetabek (*.shp). bisa dibuka di program mapping (esri, mapinfo, mapwindows) dalam bentuk gambar digitl. tetapi kalau mau buka database-nya (berbentuk tabel), gak bisa. katanya databasenya corrupt. ad program buat repair gak??? soalnya saya lg bikin TA ttg pelacakan kereta api. deadline nih mas.

    TOLONG DONK!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam