Membangun Aplikasi GIS dengan MapWindow

ESRI adalah salah satu perusahaan besar di dunia yang bergerak dalam bidang GIS. Sudah banyak aplikasi GIS yang dihasilkan oleh ESRI mulai dari ArcInfo, ArcView, ArcIMS dan juga ArcGIS yang merupakan kompilasi dari berbagai aplikasi GIS yang dibangun oleh ESRI.

Dari sekian banyak teman saya yang bergelut di bidang GIS, hampir semuanya mengakui bahwa ESRI dengan salah satu produknya yang bernama ArcView memberikan keleluasaan bagi para engineer ataupun programmer untuk bekerja. Untuk para engineer, ArcView memberikan kemudahan dalam pengolahan dan juga analisis peta. Sedangkan untuk programmer GIS tersedia Script Avenue untuk mengembangkan extension (sejenis plugin untuk ArcView).

Hampir kebanyakan pengguna aplikasi ArcView tidak menyadari bahwa format vector yang dihasilkan melalui aplikasi ArcView sebenarnya adalah format proprietary open specification. Format yang dihasilkan adalah The ESRI Shape Files (SHP) dimana ini merupakan format vector yang dikeluarkan oleh ESRI. Format ini terdiri dari tiga ekstension file yaitu :

* Main file: *.shp
* Index file: *.shx
* DBase file: *.dbf

Ada beberapa project komersial ataupun open source yang tengah dikembangkan agar bisa membuka dan mengolah vector dalam format ekstension SHP, bahkan ESRI mengeluarkan satu produk tersendiri yang mereka sebut dengan nama MapObjects. Mapobjects adalah seperangkat komponen pemrograman yang dibuat oleh ESRI bagi para developer GIS. Dengan menggunakan MapObjects maka kita dapat membuat sebuah aplikasi GIS yang berdiri sendiri tanpa harus ada ketergantungan aplikasi GIS lainnya.

Semua project GIS yang pernah saya kerjakan semuanya menggunakan MapObjects untuk membuka ektension SHP. Untuk mendapatkan MapObjects ini kita harus merogoh kocek kurang lebih 60 juta rupiah. Sebuah angka yang mahal menurut saya, untung saja project yang saya kerjakan selama ini ditalangi oleh kantor, jadi ya kantor saya yang harus membelinya dong :-D.

Nah, kemarin ini saya mendapatkan sebuah link dari rekan untuk aplikasi GIS. Aplikasi ini bernama MapWindow. Sekilas saya baca ternyata MapWindow ini merupakan project open source dalam bidang GIS. Ada tiga komponen penting yang tengah dikembangkan oleh MapWindow yaitu :

* MapWindow GIS 4.0 Open Source Software
* MapWinGIS ActiveX Control
* MapWinGIS.NET

Wow. Inilah yang saya cari selama ini. Sebuah aplikasi GIS yang open source, mampu membuka shp dan memiliki fitur tambahan untuk pengembangan plugin. Seperti tertulis dalam official site-nya sebagai berikut :

What makes this GIS tool different than the others?
MapWindow is free to use and redistribute to your clients and other end users.

Unlike other free tools, MapWindow is more than just a data viewer, it is an extensible geographic information system. This means that you can write plug-ins to add additional functionality (models, special viewers, hot-link handlers, data editors, etc.) and pass these along to any number of your clients and end users.

MapWindow includes standard GIS data visualization features as well as DBF attribute table editing, shapefile editing, and grid importing and conversion.

MapWinGIS ActiveX includes a GIS API for shapefile and grid data with many built in GIS functions.

MapWinGIS ActiveX can be redistributed royalty-free. No fee is required, although we happily accept donations to help support this effort. See Why MapWindow

Setelah membaca fitur-fitur yang tersedia, rasanya MapWindow sudah mampu menggantikan keberadaan MapObjects dalam membuat sebuah aplikasi GIS. MapObjects dapat digantikan oleh MapWinGIS ActiveX atau MapWinGIS.NET. Di lain sisi, kehadiran MapWindow GIS 4.0 sepertinya pada suatu saat nanti akan mampu mengungguli ArcView, sebab MapWindow GIS 4.0 juga menyediakan fasilitas scripting seperti halnya Script Avenue. Fasilitas scripting dalam aplikasi GIS adalah suatu hal yang luar biasa, sebab dengan fasilitas ini akan memudahkan bagi para developer ataupun pengguna untuk membuat sebuah plugin/ekstension tambahan untuk mempermudah kerja mereka.

Wah, kalau ada project aplikasi GIS sepertinya saya akan meninggalkan MapObjects dan akan mencoba MapWindow ini.

178 thoughts on “Membangun Aplikasi GIS dengan MapWindow

  1. Salam kenal mas Dud,

    Saya mau bikin skripsi GIS pake arcview tapi saya belum begitu mengerti step by stepnya. terus cara buat aplikasinya di vb gimana ya?

    kalo pake flash bisa gak yah?

    Oh ya, yang dibutuhin untuk membuat aplikasi ArcView di vb apa aja, terangin ya mas.

    trims.

  2. salam kenal rekan rekan
    saya agak awam tentang gis dan ingin sekali belajar bagaimana membuat aplikasi gis yg berbasis web dgn database acces suport dgn asp ada yg bisa bantu dari awal

  3. Hai,,salam kenal
    Saya bisa minta tolong ngga, saya seorang mahasiswa teknik geodesi politeknik negeri banjarmasin,,saya sekarang sudah semester 5 n di semester 6 ini bikin TA..Yang jadi masalah saya bingung harus membuat TA tentang apa.Bisa kah kamu beri saya dtudi kasus apa yang harus saya angkat utnuk dijadikan judul TA saya ?> makasih sebelumnya.

  4. Mas dudi or anyone, aku minta tolong dikasih contoh skript VB untuk membuat GIS yang stand alone yang dikombinasiin dengan MapWindow. Please ,Thank’s sebelumnya
    lam kenal, rifai

  5. bisa minta tolong ngk
    gmana caranya teknik searching di map server
    masalahnya sudah cari di semua litelatur ngk ada ,thx

  6. #106: hallo setyo. long time no see :). kerja dimana skrg? tadi pagi si dedy temenmu anak ITN kontak aku. dia skrg ada di sumbawa, kebetulan dia ngajak aku kerjasama untuk merambah ke indonesia timur.

    kita realisasikan aja yuk? 😀

  7. Hai,,salam kenal
    Saya bisa minta tolong ngga, saya seorang mahasiswa teknik geodesi politeknik negeri banjarmasin,,saya sekarang sudah semester 5 n di semester 6 ini bikin TA..Yang jadi masalah saya bingung harus membuat TA tentang apa.Bisa kah kamu beri saya dtudi kasus apa yang harus saya angkat utnuk dijadikan judul TA saya ?> makasih sebelumnya.

  8. ass. salam kenaal, saya mahasiswa di ubiv swasta plg semester akhir n sekarang mo ngajuin judul buat proposal ada nggak referensi yang berhubungan dengan GIS untuk di jadiin judul?? thanx ya

  9. ass,slam knal dari saya sunu mas…!
    Saya ada masalah dengan TA saya mas.trus terang saya kurang paham tentang GIS,tapi kebetulan saya ambil judul GIS.Nah saya butuh referensi tentang GIS dan Source-code nya!!kebetulan software yg saya gunakan adalah mapinfo dan VB6.sementara database menggunakan Ms.Access 2003.
    makasih y mass…

    Wass…

  10. Ocrit aku siap..dr pada nanti aku ikut tentara malingsia.. he..he..mendingan dpat yg kriting..
    org sumbawa kriting ndak ya..rambutnya..
    mas..aku tertarik dng yg open source..apa ada aplikasi GIS di linux atau lainnya..apa mapwindows bs jalan di linux?
    tanks..ya..

  11. ada kah? yang punya buku yang judulnya desain aplikasi GIS berbasis Mapinfo dan VB??.. lg cari-cari neh untuk skripsi. Soalnya binggung neh.

  12. Q minta bantuannya ne…buat aplikasi gis pake’ VB bisa kan…??
    bisa kasi tau codingnya ga..
    klo bisa nee, send ke emailQ
    thx yach…

  13. mas du lam knl. klo dibandingkan dengan mapinfo gimana tuh?kan sama2 punya plikasinya boleh tau kekurangn dan kelebihan masing2? tolong sarannya dan masukannya terimaksih

  14. mas, sampeyan tahu tempat kursus GIS ndak untuk daerah Malang/Surabaya??
    Atau kalau pengen belajar self-learning, ada referensi buku yang bagus, apa ya??

    Thanks for sharing.

  15. Ass. Mas Dudi salam kenal..
    Gini saya Mhsw sem8 di Pontianak lg nyusun skripsi neh..tentang aplikasi pelacakan kendaraan bermotor untuk dsitribusi barang…nah nampilin petana pake Arcview n titik na mo ditampilin secara dinamis bisa nda si mas? Coz saya masi awam dg ArcView. Jadi maunya ketika data lintang dan bujur tersimpan didatabase, secara otomatis titik di arcview berubah posisi sesuai dengan data update an terbaru gitu. Yah kira2 scriptna sulit nda si Mas?

    Mohon bantuannya n terima kasi

  16. salam kenal!!!
    saya kenal dgn gis gara2 mau selesain skripsi!!!itu aja iseng2an, jadi masih sedikit ilmu saya tentang gis!

    saya mau tanya gimana cara koneksi ke database baik itu ke sql atau mysql atau ke database yang lain?(saya pake’ arcview)

    kemudian bisa gak objek yang di tampilkan menjadi gambar 3d??

    kalo ado modulnya tlong dong kirim ke email saya!!!

    thk’s before!!!!

  17. wah,, kebetulan saya lagi bikin TA tentng pembuatan peta digital khusus tempat makan di jakarta. mau dong modul-modulNya. udah kehabisan bahan neh. N softwareNya juga mw dong. dikirim ke email saya yah..
    udah stress neh…

  18. salam knal Dunia GIS…
    saya skrang dalam planning tuk pengerjaan TA tentang dunia pertanian di aceh.. bisa tolong dikirimkan ke email modul tentang GIS, Khusus’e tentang surve kelembapan tanah tuk pertanian..
    thanks..

  19. ass…
    slm kenal,
    mas sya dpat ksulitan ni dg arcGIS 9.2 di tmpt PKL sya.
    sya hrs memperbaiki aplikasi yg ada
    aplikasinya mke arcGIS trus visual mke VB kya bagian menubar sdh diganti mke menu2 yg dbuat mke VB ma form2 utk inputan data2nya.
    bsa mnta tooolooooong mas
    1.gmn merubah menubar arcGIS dg menu yang mke VB
    2.apkh bisa merubah form2 inputanya
    3.bisa minta contoh snytak program ma contoh aplikasi ttg arcGIS+VB

    plizzz mas udh butuh bgt ni…..

  20. salam kenal,
    nama saya baiz, saya ingin tanyakan bagaimana caranx menghubungkan visual basic dan map basic dan dimana bisa mendownload tutorialnya

    terima kasih sebelumnya

  21. halo semuanya

    saya ingin bertanya apakah mapobjects dapat membaca data GPS. Ceritanya saya membuat sebuah aplikasi GIS dengn menggunakan VB6 + mapobjects.

    nah saya ingin melakukan pencarian lokasi pada aplikasi yg saya buat dengan data GPS.
    misal saya masukan data GPS : 6’11’37”
    maka akan muncul titik pada peta pada aplikasi yg saya buat yg menandakan data GPS tersebut.

    bagaimana yah caranya? mohon bantuannya

    Terimakasih

  22. Slm Kenal mas,
    Aq punya trobel masalah koneksikan database yg d arcviw dng yang ada di SQLserver,saya menggunakan Bhs Pemrograman VB untuk desainya.tapi pada saat saya ingin mencari lokasi tertentu saya harus memenggil database yang ada di SQl yang sdh terhubung dengan ArcView.dengan kata lain cara memanggil ID yang ada di tabel Arcview melalui VB bagaimana?pa harus dikoneksiskan dl antara Sql dng ARC View???Tulong MAs….Untuk Skripsiku pleass….!!!1

  23. aq ad masalah dengan data atribut arcview soalnya kena virus kespoll. jd datanya g bisa dibuka. g mana caranya, bs tlg carikan solusinya g mas ?

  24. SALAM KENAL PAK,
    SAYA MASIH AWAM DENGAN APLIKASI ARCGIS,TAPI SAYA SANGAT INGIN MEMPELAJARINYA………
    ADAKAH TUTORIALNYA, SERTA CARA2 YANG PALING GAMPANG UNTUK MEMPELAJARINYA………
    TERIMAKASIH SEBELUMNYA

  25. saya telah mencoba membangun aplikasi GIS dengan menggunakan mapserver.
    yang saya bingung, aplikasi ini tidak bisa berjalan dengan tanpa adanya mapscript..

    Jadi, gimana untuk mengonline kan aplikasi saya.???
    terima kasih jika ada saran to saya!!??….

  26. haii mas… salam kenal
    aku mau tanyak nihhh kebetulan lagi TA nihhh
    kalau mau memprogram ulang arcview dengan VB bisa gak masss….
    kalau bisa caranya gimana yahhh…. kalau gak bisa kira – kira pakai sofware apa yahhh supaya peta yang ku buat dapat menerima inputan dan menampilkan output berupa informasi sesuai inputan yang diberikan…
    makasi sebelumnya….

  27. bisa ndak kita buat table editor, u/ edit atribut shp?? misal u/ ngubah nilai Skor di peta lereng???

    terus kalau mo ubah2 bentuk geometrinya gmn ya?

  28. Misi mas, mo nanya tentang analisis spasial buffering tu ap? & klo mo cari jurnal tentang webgis di mana?

  29. wah rame banget ngomongin GIS, jadi pengen ikutan belajar, mas aku juga pengen bisa GIS, bisa kasih bantuan harus mulai dari mana? saya bener bener tidak tahu sama sekali karena saya elektro bidangnya. hehehehehe

  30. hai semua, saya coba download di site resminya mapwindow kok gak bisa yah
    mohon jika ada yang pnya sharring dengan saya yah

  31. mas tolooooooooooong dong
    saya lagi buat skripsi menggunakan arcview, cari referensi susah bangeut dimengerti. mohon pencerahan.
    thank

  32. punten mas dud..
    paling baik supaya bisa nglotok make aplikasi GIS pelajari apa dulu dari awal? maklum pemula mas..tolong dong mgkin punya referensi tempat kursus GIS yang mantap di bandung.
    saran: coba2 mas buat REG GIS kirim ke 9887 pasti rame yg sms mas..

  33. #139: hallo mas dadang.

    GIS itu bidang yang cukup luas.

    bisa ke programming, bisa ke pemetaan, bisa ke analisis, bisa ke pemodelan. tergantung hobi dan keahlian masing-masing.

    kalo saya dulu sih konsentrasi ke programmingnya. mungkin bisa dipertimbangkan kemampuan personal dulu mas sebelum memutuskan mau fokus GIS di bidang yang mana.

  34. met malam mas.
    wah mas terima kasih sekali atas info nya. sekarang saya sedang mengerjakan Laporan Magang tentang gis, kalau cari tutorial atau sampel GIS dimana yah……..
    mohon bantuannya

  35. Teman-teman,
    saya mau belajar GIS (tuntutan kerja nantinya). kalau saya mau beli aplikasi/softwarenya yang paling basic bisa beli dimana atau ambil kursus dimana? saya kerja didaerah Pancoran Jak-Sel, tinggal di Pd.Gede Bekasi. trims.

  36. Alhamdulillah..akhirnya ketemua juga forum ini..banyak yang mau ditanyakan nh,mudah2an mas bisa bantu,saya ingin buat aplikasi di VB 🙂 yang bisa menampilkan peta GIS,khususnya dari mapinfo yg sekarang saya pakai..trims.

  37. mohon bantuannya mas, saya sedang persiapan untuk skripsi saya ttg GIS,saya mengg arcGIS tp msh bingung apakah bisa di arcGIS ditambah dgn suatu perhitungan matematis?harus dgn bahasa script apa yg bisa?makasih dan mohon bantuannya

  38. Ass..
    Salam kenal mas..
    Nama saya fandi skrang lG kuliah jur Plano..
    saya sangat apresiasi sekali dg kemampuan mas d bidang arcGIS..
    saya juga pengen mahir di bidang arcGIS..
    kira2 ada g mas buku pedoman bwt arcGIS.??
    mungkin mas tau ada g di surabaya yang melayani kursus arcGIS.??
    klo ada tlong replay ke email saya..

    hand_drugs@urplan.its.ac.id

    Thank..

  39. mas..
    minta bantuannya buat tugas akhir saya ni..
    “Penggunaan GIS untuk analisa limbah”
    data udah ada.. tapi saya bingung mengolahnya..

    mohon bantuannya..
    reply k email saya ya..
    trimakasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This is not spam